Kedisiplinan Siswa

Sekolah memiliki peran dalam melakukan transformasi pengetahuan, keterampilan, dan nilainilai budaya.Penelitian ini untuk mengetahui proses membangun disiplin dan tanggung jawab siswa melalui implementasi tata tertib sekolah, kendala yang dialami dan upaya untuk mengatasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.

Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian ini terbagi berdasarkan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.

Perencanaan diwujudkan dalam proses penyusunan peraturan tata tertib siswa, pelaksanaan pengembangan diri siswa dilaksanakan melalui 1) kegiatan rutin sekolah; 2) kegiatan spontan; 3) keteladanan; 4) pengondisian, dan evaluasi terhadap sejauh mana keberhasilan pelaksanaan tata tertib. Sedangkan kendala-kendala yang dialami yaitu kurangnya kesadaran diri siswa akan pentingnya disiplin dan tanggung jawab, kurangnya kedisiplinan di rumah, pengaruh lingkungan pergaulan siswa, kurangnya sikap keteladanan beberapa guru dalam ketepatan datang ke sekolah, kurangnya kepedulian dan ketegasan beberapa guru sebagai motivator dalam menegur siswa yang bermasalah dengan tata tertib, dan kurangnya sosialisasi penambahan peraturan baru oleh pihak kesiswaan kepada guru piket.

Upaya mengatasi kendala yaitu memberikan pembinaan kepada siswa yang bermasalah oleh guru atau wali kelas dengan mendatangkan orang tua, komunikasi antar warga sekolah, dan musyawarah dalam kegiatan ESI.

 

Fotografer : Rizki Purwanto

Penulis : Muhammad Setiawan

Komentar-komentar Facebook
Tidak ada komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.