Kegiatan Kurban SMK Pancasila 6 Jatisrono

                Kegiatan Kurban menjadi agenda tahunan bagi umat islam, kurban sendiri dilakukan dengan penyembelihan binatang ternak, kemudian dibagikan kepada warga sekitar.  Kegiatan ini dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penenggalan islam, yakni pada 13 Dzulhijjah, hari raya idul adha.

 Pada Minggu, Tanggal 10 Agustus 2019, SMK Pancasila 6 Jatisrono juga melaksanakan kegiatan kurban  yang dihadiri oleh segenap guru dan setaf karyawan smk pancasila 6 jatisrono. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan setiap organisasi sekolah, serta Ekstra Rohis yang menjadi panitia kegiatan kurban ini.

Diawali dengan buka bersama di Gedung 2, hari sabtu 9 agustus 2019 tepatnya pada pukul 17:00, sebelum melakukan buka bersama dimulai, dari panitia yang ikut dalam kegatan Takbiran disekolah, saling membantu untuk menyiapkan tempat dan juga hidangannya. Ketika semua telah dipersiapkan, menunggu waktu adzan maghrib tiba, kegiatan ini didampingi oleh pembina Rohis yaitu Bapak Nur Wahyudi dan Ana Putri Nur Alpaka, S.Pd.I.

Setelah berbuka bersama, kami mulai mempersiapkan diri untuk melakukan ibadah Sholat Maghrib, istirahat sebentar untuk Sholat Isya berjama’ah di mushola Gedung 2.

Kemudian setelah melaksanakan Sholat Isya’ berjamaah, dilanjutkan dengan melakukan takbiran bersama hingga malam hari. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa guru sebagai pendamping dan beberpa perwakilan kelas sebagai tamu sekaligus panitia kurban. Takbiran berlangsung meriah dengan iringan alat musik rebana, kegiatan yang menyenangkan bersama dengan teman satu panitia, mengunakan alat rebana sederhana dan juga sedikit cemilan.

Pagi sebelum adzan subuh menjelang, sekitar pukul 04:00, kegiatan dimulai dengan mandi pagi, serta bersiap untuk ibadah Sholat Subuh, dan juga persiapan untuk .

Barulah sekitar pukul 06:00 pagi, kami bersiap untuk berangkat ke Lapangan Gunungsari untuk melakukan sholat idul adha yang dihadiri oleh warga sekitar Jatisrono. Jama’ah kemudian memenuhi lapangan, serentak dengan kumandang takbiran yang dikumandangkan

Setelah selesai sholat Idul Adha, Panitia dan guru yang hadir kemudian sarapan bersama, di Gedung 2 terlebih dahulu, Selanjutnya berangkat menuju parkiran siswa Gedung 1 untuk pemotongan kurban.

Idul Adha pada tahun ini menggunakan satu ekor sapi, yang akan dibagikan pada panitia dan warga setempat.

Setelah semua berkumpul di Parkiran, kemudian prosesi penyembelihan binatang kurban dimulai, dengan bantuan 10 orang penyembelihan sapi akhirnya dapat belangsung dengan aman.

Kemudian adalah proses pemotongan daging menjadi bagian-bagian kecil, dan memisahkan daging dari tulangnya, dan untuk yang lain memasak di tempat Pak Urip. Memang sangat lama tapi berkat bantuan dari banyak orang akhirnya dapat selesai dengan cepat.

Setelah pemotongan daging selesai, selanjutnya pembagian daging pada warga sekitar SMK Pancasila 6 Jatisrono, daging yang sudah dipotong kemudian disatukan dalam satu wadah kertas minyak yang telah disusun sedemikian rupa, kemudian dibagi sama rata baik untuk panitia maupun warga sekitar, setelah disusun pada kertas minyak kemudian dimasukkan dalam wadah plastik agar mudah dibawa.

Ketika pembagian selesai, hidangan yang telah dimasak, telah tertata dimeja makanan, terdiri dari bahan daging, kemudian lanjut dengan makan bersama, di Lobi Gedung 1 oleh semua panitia.

Setelah makan selanjutnya adalah pembagian daging untuk panitia. Untuk kelas satu yang masih baru, dibariskan rapi untuk dibagikan daging secara berurutan. Kemudian sebelum pulang, melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di mushola.

Setelah semua kegiatan selesai, selanjutnya dari panitia membersihkan mushola dan kelas 1 AK 2 yang digunakan untuk menginap semalam, segala sisa makanan, maupun sisa sampah plastik dibersihkan.

Akhirnya tuntas sudah, seluruh rangkaian acara idul adha SMK Pancasila 6 Jatisrono

Komentar-komentar Facebook
Tidak ada komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.